sarasHijra

Niagahoster Blog, Pengalaman Pertamaku Pasang Domain

3 komentar

 

Materi Keenam yang Beda dari Biasa

Tak disangka sudah sejauh ini mengikuti KBB alias Kelas Belajar Blogspedia offline bersama coach Mbak Marita Ningtyas hingga kami murid-muridnya bisa memasang domain melalui niagahoster blog.  Ini pun baru pertemuan ke-6 dari belasan pertemuan yang mesti kami ikuti sebagai syarat kelulusan KBB. Bagaimana ya kalau keseluruhan pertemuan bisa kami ikuti dan dipraktikan? In syaa Allah tambah wow skill kami. Trus bagaimana rasanya punya domain sendiri? 

Kayak gak nyangka, nama emak bisa muncul sebagai domain blog ini, www.sarashijra.com. Its emejing bestieee.  J Sampai anak sulung dan suami emak menyangsikan dan bertanya, “Bener ini punya Mama (panggilan emak kalau di rumah, red) ?” Hihi, emak cuma tersenyum penuh arti.

Paksu pun langsung klik alamat di atas untuk mengupas rasa penasarannya. Emak amati perubahan wajah beliau setelah mantengin layar gawainya. Senyum yang sedikit dipaksakan hehe. Mungkin agak gak nyangka juga kalau istrinya bisa punya blog sendiri.

Lha wong emak saras sendiri aja masih gak percaya bisa nampilin nama saras hijra sebagai domain. Meskipun sebenarnya branding-nya adalah Saras Hijrah, ada huruf “h” di belakang hijra. Trus kenapa donk gak pake alamat  www.sarashijrah.com ? Karena oh karena, sebelum benar-benar serius belajar blogging di KBB, emak saras pernah bikin blog juga dengan nama sarashijrah. Tapi blog itu terlalu banyak sawang alias sarang laba-laba :P . Maklumlah blog jadulnya emak yang asal buat itu terus ditinggalin wkwkwk. Maka dari itu emak bikin baru yang memang belajar lagi dari nol dan lebih fekes di KBB ini.

Jadi alamat blog Emak Saras Hijrah adalah  sarasHijra (without "h" di belakangnya), semoga gak bingung yes hehe....



Apa Itu Domain

Dari tadi emak saras ngomong domain. Sebenernya domain itu cemilan apa sih?

Hehe buat yang hobi nyemil, domain bukan singkatan dari donat permen alias domen ya (dibaca pake  lidah orang Jawa, red) .

Dari Niagahoster domain adalah alamat yang akan mengantarkan Anda ke website yang dituju. Sebenarnya, domain merupakan pengganti dari penggunaan alamat IP yang berupa kombinasi angka.

Jumlah website yang bertambah membuat kombinasi angka pada alamat IP semakin sulit dihafal pengguna. Itulah kenapa sistem penamaan dengan domain jauh lebih efektif.

Apabila diibaratkan sebuah kota maka domain adalah alamat sebuah rumah misal di Jalan Melati No. 72 Semarang.

Fungsi Domain

Domain berfungsi sebagai alat identifikasi sebuah website. Bagaimana penjelasannya?

Pada dasarnya, website disimpan di sebuah web server. Ketika Anda mengetikkan nama domain, akan ada proses untuk mencari data website di web server tujuan sesuai dengan identitas alamat IP-nya.

Sebelum kami para member KBB mempunyai domain ini, kami masih memakai domain bawaan dari blogspot. Jika sebagai blogger pemula, gak salah kok tetap pake domain bawaan blogspot, hanya alamatnya jadi lebih panjang. Gak mudah diinget gitu loh. Pembaca dan fans kita akan lebih sulit mengingat to kalau kepanjangan. Idiihh, fans..pede bingitt. Ada yang baca blog emak aja wis bersyukur. Alhamdulillah...

But semuanya balik ke tujuan awal masing-masing blogger sih.

Proses Pasang Domain

Nah, balik ke pembahasan domain, emak saras pun tertarik membuat domain berbayar yang didapat lewat niagahoster, salah satu penyedia domain. Ada pilihan gratis, ada pula yang berbayar dengan masa berlangganan sekian tahun.

Tips cerdas dari coach Marita bahwa tugas keenam pembelian domain ini disesuaikan pas awal bulan. Jadi pas jatah gajian dari paksu tercinta nih, yeay. Dan tentu aja gajian yang jadi salah satu bentuk rejeki dari Allah. Makanya di awal Maret lalu, kami berbondong-bondong mantengin materi, baca step-step untuk bisa masang domain.

Termasuk emak, meski tugas sebelum tugas keenam ini rampung, gass pol masang domain menjadi prioritas. Hasil konsultasi dengan coach kesayangan lah tentunya.

Step pertama, emak baca ulang materi di wag. Baca sekali belum mudeng. Baca ulang, sambil buka 2 screen di layar lapie, sambil praktik. Lalu baca riwayat percakapan coach dengan Mbak Mega, teman KBB kelompok hari Rabu yang lebih dulu sukses pasang domain-nya.

Oh, begitu caranya, batin emak.

Sambil konsul di grup hingga di suatu titik emak bingung. Karena muncul  notif “Mohon maaf, invalid DSN record : Invalid name provided.”  Dan ada tombol bertuliskan “Kembali.” Sontak emak kaget.




Langsung deh konsul di grup. Mbak Nimas teman KBB yang sudah lulus KBB online sarankan emak untuk sabar menunggu. Karena ia pun alami hal yang sama kaya emak. Coach Marita pun ngayem-ayem emak untuk pastikan name server diganti dulu dengan :

ns3.niagahoster.com dan ns4.niagahoster.com,

setelah itu baru setting cname.

Bila masih eror, bisa tanya ke customer service niaga hoster. Atau memang itu adalah waktu tunggu untuk proses propagasi. Bisa 15, 30, 45 menit atau bahkan24 jam.

Karena mumet dan jelas belum melek teknologi, emak lalu minta tolong Azzam, si sulung untuk bantu utak-atik. Emak tinggalkan Azzam beradu dengan lapie dan proses pasang domain. Oh, baru kerasa lapernya setelah beberapa jam nyobain pasang domain. Dan sudah lewat  jam maksi rupanya. Makanya lalu masakin lauk untuk keluarga.

Emak lupa tepatnya berapa menit proses propagasi, yang jelas setelah dibantu Azzam prosesnya sudah 90% jadi. Hanya emak bingung lagi, setelah dicek di tampilan blog, domain kok jadi blogspot bukan berbuntut dot com.

Coach-ku dengan sabar merespon, kalau gawean emak berarti belum disetting domain custom-nya dengan pakai nama domain yang sudah dibeli. Baiklah, dicek ulang bersama Azzam. Hingga muncul tampilan logo Google dan tertulis 404. That’s an error. The requseted URL/ was not found on this server. That’s all we know.




Eh, langsung disupport Mbak Mega untuk otw ngelist yang sudah berhasil pasang domain J

Yeay, alhamdulillah setelah sesore itu ditinggal urusan ke RS, domain www.sarashijra.com pun jadi.  Dan keriaan punya nama keren di dunia maya pun sudah tergambar di awal cerita tulisan ini. Inilah pengalaman pertamaku pasang domain dengan niagahoster blog.

Mestinya makin semangat ngeblog yaaaa..

In syaa Allah..

Semoga Allah mudahkan dan lapangkan emak untuk belajar lebih jauh tentang blog yaa..

Aamiin Yaa Robbal'alamin.

 

 

 

 

Saras Hijrah
Seorang ibu pembelajar yang sadar akan kekurangan dirinya dan terus menempa diri menjadi seseorang yang bermanfaat bagi diri dan lingkungan

Related Posts

There is no other posts in this category.

3 komentar

  1. Barakallah semoga semakin semangattt ya ^_^

    BalasHapus
  2. Wah akhirnya bisa pasang tld sendiri ya mbak saras, barakallah

    BalasHapus
    Balasan
    1. wabarokallohu fiik mba Nimas ...syukran sdh dibantu xixixi

      Hapus

Posting Komentar