sarasHijra

Inner Strength BISKUAT ACADEMY 2022 Mantap Optimalkan Multiple Intelligence Anak

Posting Komentar


Duo jagoan emak saras, Azzam dan Ahsan berjarak usia enam tahun. Si kakak 15 tahun sedangkan si adik 9 tahun. Meski jaraknya jauh, tetep aja mereka masih suka tukaran (bertengkar dalam Bahasa Jawa). Rebutan bola lah, rebutan giliran nonton teve.dan rebutan makanan. Termasuk kalau ada Biskuat coklat kesukaan mereka yang tinggal sedikit. Hiyaaa, pas tinggal satu baru deh jadi rebutan. Seru-seru gimana gitu yaa...

Hmm pertengkaran sebagai bentuk konflik  sejatinya mendukung perkembangan kecerdasaan mental anak. Bagaimana anak belajar mengelola emosi, menyampaikan argumen, mengendalikan diri untuk tidak memukul atau membanting barang. Tentu saja untuk mencapai fase itu perlu dilatih dan dibiasakan. 

Berbagai stimulasi untuk mengembangkan kecerdasan telah banyak diriset dan diaplikasikan di semua sektor kehidupan anak. Bisa diterapkan lewat pendidikan informal di lingkungan keluarga atau non formal di luar lingkungan keluarga. 

Menurut para ahli, perkembangan kecerdasan yang normal adalah saat anak bertumbuh dan berkembang sesuai tahapan usianya. Adapun cara untuk mengembangkan kecerdasan adalah melalui program pendidikan. Seperti pada prgram Inner Strength BISKUAT ACADEMY 2022 yang mantap optimalkan Multiple Intelligence Anak. Program apa itu? Berikut info lengkapnya..



Pertumbuhan dan Perkembangan Anak

Definisi Pertumbuhan dan Perkembangan

Pertumbuhan dan perkembangan merupakan proses perubahan yang normal terjadi pada manusia. Hal itu diawali dari konsepsi atau pembuahan hingga kelahiran sampai dengan usia pra dewasa.

Diambil dari Buku Tumbuh Kembang Anak yang ditulis oleh Dr. Tri Sunarsih, S.ST, M.Kes, pertumbuhan adalah bertambahnya ukuran fisik dan struktur tubuh sebagian atau keseluruhan sehingga dapat diukur dengan satuan panjang dan berat. Adapun perkembangan adalah bertambahnya struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks dalam kemampuan gerak kasar, gerak halus, bicara dan bahasa serta sosialisasi dan kemandirian. (Depkes, 2007). Pertumbuhan bersifat kuantitatif sehingga dapat diukur dengan satuan berat (gram, kilogram), satuan panjang (cm, m), umur tulang, dan keseimbangan metabolik. Sedangkan perkembangan (development) adalah pertambahan kemampuan struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks (Nursalam 2008).

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tumbuh Kembang Anak

Menurut Hidayat (2005) ada 2 faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak yaitu :

1. Faktor Herediter

Meliputi genetik/ bawaan, jenis kelamin, ras/ etnik dan umur.

2. Faktor Lingkungan

Meliputi lingkungan prenatal yaitu pada saat dalam kandungan. Gizi saat ibu hamil, lingkungan mekanis (posisi janin dalam uterus, zat kimia atau toksin), radiasi, infeksi dalam kandungan, stres, faktor imunitas, kekurangan oksigen pada janin adalah bagian dari lingkungan prenatal.

Ada pula lingkungan postnatal adalah lingkungan setelah lahir yang dapat mempengaruhi tumbuh kembang anak, seperti budaya lingkungan, sosial ekonomi keluarga, nutrisi, iklim atau cuaca, olahraga, posisi anak dalam keluarga, dan status kesehatan.

Teori Kecerdasan Anak

Multiple Intelligence

Ada banyak teori kecerdasan anak, diantaranya Howard Gardner yang menyampaikan Teori Multiple Intelligence. Teori Kecerdasan Jamak adalah teori yang menyatakan ada beberapa macam kemampuan yang berpusat di bagian otak tertentu dan dapat dikembangkan dari usia dini. Teori ini membagi ada dua bagian utama, kecerdasan dasar dan kecerdasan advance.

Kecerdasan Dasar 

Kecerdasan Dasar meliputi :

1.       Linguistic Intelligence atau Kecerdasan Berbahasa

Adalah kemampuan berbahasa dalam bicara dan menulis untuk mencapai beberapa tujuan.

2.       Logical Mathematical Intelligence atau Kecerdasan Logis Matematis

Meliputi kemampuan menganalisa “problem secara logica” operasional matematik dan menginvestigasi masalah secara ilmiah (scientifik thinking).

3.       Musical Intelligence atau Kecerdasaan Musik

Meliputi kemampuan dalam penampilan (performance), komposisi dan apresiasi bentuk-bentuk musik.

4.       Bodily-Kinesthetic Intelligence atau Kecerdasan Kinestetik

Adalah kemampuan menggunakan seluruh bagian-bagian tubuh untuk menyelesaikan masalah atau melakukan suatu gerak yang menghasilkan produk (pertunjukan).

5.       Spatial Intelligence atau Kecerdasan Spasial

Adalah kemampuan mengorganisasikan dan memanipulasi gambar dan ruangan yang lebar.

6.       Interpersonal Intelligence atau Kecerdasan Interpersonal

Adalah kemampuan seseorang untuk mengerti maksud, motivasi, dan hasrat orang lain secara konsekuen bekerja efektif dengan orang lain walaupun semua tidak begitu tampak.

7.       Intrapersonal Intelligence atau Kecerdasan Intrapersonal

Merupakan kemampuan untuk mengerti diri sendiri (keinginan, maksud, ketakutan) memiliki kemampuan bekerja sendiri dengan efektif, memanfaatkan informasi untuk mengatur kehidupannya sendiri (self regulator).




 Kecerdasan Advance

Sedangkan kecerdasan advance terdiri dari :

1.       Natural Intelligence

              Adalah kemampuan untuk mengenali dan mengklasifikasikan species flora, fauna, dan  lingkungannya.

2.  .       Existential Intelligence

               Adalah kemampuan untuk menempatkan diri dengan sopan di jagad raya-luas jauh tak terhingga dan menghubungkannya dengan penempatan diri untuk kehidupan selanjutnya, seperti pengertian tentang kematian, tentang akhir dunia dan kehidupan setelah mati

3.      Spiritual Intelligence

         Adalah kemampuan untuk memahami dan mengikuti nilai-nilai, aturan-aturan agama.

Penerapan Multiple Intelligence

Gardner berpendapat bahwa untuk cerdas tidak hanya butuh 1 kecerdasan tapi 7 kecerdasan yang dibangun seimbang.Artinya apabila ada sebuah aktifitas yang di-create untuk mengembangkan kecerdasan anak maka perlu membangun setidaknya 7 kecerdasan dasar. Jadi bila sekolah memberi pelajaran olah raga maka guru harus menyiapkan bahan ajar yang menstimulasi multiple intelligence. 

Mengapa seperti itu? Karena akan sangat tidak aman jika hanya satu atau dua kecerdasan saja yang dikembangkan dan meninggalkan yang lain. Proses belajar dan pengambilan keputusan akan lebih bermakna jika mengembangkan 7 kecerdasaan secara berimbang.


Inner Strength Biskuat Academy 2022

Definisi Inner Strength

Inner Strength adalah kekuatan yang bersumber dari dalam diri. Inner Strength yang dikembangkan pada anak tentu saja yang bermakna positif yang akan membangun pola pikir, sikap, dan perilaku ke arah kebaikan. 

Kegiatan Sepak Bola Mengembangkan Inner Strength

Merujuk pada Teori Kecerdasan Multiple Intelligence di atas, kegiatan sepak bola juga dapat diciptakan guna mengembangkan inner strength.
Wah menarik ya, bagaimana mekanismenya?
Kita perlu merancang bentuk program, apa tujuannya, dan bagaimana bentuk aktifitas yang berada dalam aktifitas bersepak bola.

Misalnya :
Program Membangun  Inner Child yang mengoptimalkan Multiple Intelligence.
Yaitu mengembangkan secara bersama-sama kecerdasan :
a. Linguistic Intelligence yang bertujuan mengembangkan kemampuan berbahasa.
Bentuk aktifitas : Mengajak anak bercerita mengapa mereka tertarik mengikuti klub bola.
b. Logic Mathematical Intelligence yang bertujuan mengembangkan kemampuan berpikir logis matematis dengan mengajak anak menghitung berapa kali mereka harus menyusun strategi menyerang dengan teknik menggiring bola
c. Musical Intelligence yang bisa diwujudkan dalam bentuk melatih gerakan lari di tempat dengan irama musik.
d. Bodily Kinestetik yaitu bagaimana anak bisa mengarahkan kepalanya agar bola yang melambung bisa dihentikan dengan sundulan kepala.
e. Spatial Inteligence bisa dilatih dengan memahami garis pembatas lapangan sehingga bola perlu dikendalikan agar tidak keluar garis.
f. Interpersonal Intelligence bisa dikembangkan dengan melatih anak bekerja sama dengan tim lewat berkomunikasi dua arah.
g. Intrapersonal Intelligence bisa dilatih dengan cara mengajak diskusi anak tentang motivasi bersepak bola sehingga dari dalam dirinya punya kemampuan untuk berlatih dan mengembangkan dirinya.

Apabila tujuh kecerdasan ini diprogram bersamaan dan melalui bimbingan orang dewasa maka kekuatan dalam diri anak bisa berkembang optimal. Artinya anak punya kemampuan bersepak bola bukan asal menendang bola tapi bagaimana ia mempunyai motivasi diri mengapa mereka mau mengembangkan diri lewat sepak bola.

Sekolah Bola Online Biskuat Academy

Biskuat Academy adalah rangkaian acara tahunan dari Biskuat untuk memberikan pembelajaran dari Biskuat untuk memberikan pembelajaran olahraga bagi anak Indonesia. Acara ini bertujuan mengembangkan kekuatan fisik sekaligus kekuatan baik dari dalam untuk menciptakan #GenerasiTiger.

Biskuat merupakan salah satu brand unggulan Mondelez Internasional memiliki purpose-led brand (tujuan mulia) untuk menciptakan #GenerasiTiger yaitu anak-anak yang tidak hanya berprestasi tapi juga memliki kekuatan baik dari dalam (inner strength) yang tercermin dalam karakter positif anak.

Melalui Biskuat Academy, anak bisa mengembangkan kekuatan dari dalam dan mencapai mimpinya. Mulai dari peningkatan ketrampilan sepak bola dari pelatih berlisensi UEFA A sebagai persiapan untuk menjadi pemain bola masa depan, hingga bertemu pemain profesional dari Tim Nasional Sepak Bola Indonesia.
 


Cara Ikut Sekolah Bola Online Biskuat Academy

Step 1
Beli salah satu Paket Biskuat Kemasan Khusus :

· 1 Biskuat 121.6 gram

· 1 Biskuat 60.8gram

· 2 Biskuat 22,8 gram

· 2 Biskuat 7,6 gram

Temukan Kode Unik di belakang kemasan


Step 2
Daftar via whatsapp ke no 0812 1222 5919
dan ikuti instruktur chatbot Biskuat di Whatsapp

Step 3
Ikuti Biskuat Academy dan Menangkan Hadiah

Yuk Buruan Ikutan Biskuat Academy

Ayah Bunda yuk segera manfaatkan kesempatan emas ini. Anak-anak kita akan berada dalam lingkungan yang mendukung bakat dengan optimalkan kecerdasan jamaknya. Tim pelatih sudah diseleksi sangat ketat berdasarkan kompetensinya untuk menciptakan situasi pembelajaran yang mengoptimalkan multiple intelligence. 
Dukungan Anda tentu sangat dibutuhkan anak untuk menemukan inner strength yang mendukung bakatnya. Jangan tunda lagi, segera daftarkan ananda agar mereka segera masuk dalam proses seleksi. 

Sampai bertemu di Biskuat Academy dan Salam Sukses mendukung kebaikan anak !
Inner strength Biskuat Acamdemy 2022 Mantap Optimalkan Multiple Intelligence Anak.


Referensi :
Tumbuh Kembang Anak, DR. Tri Sunarsih, S,ST, M.Kes
Modul II Program Orang Tua dan Guru, Sekolah Al Falah Cipayung Jakarta


    

 

Saras Hijrah
Seorang ibu pembelajar yang sadar akan kekurangan dirinya dan terus menempa diri menjadi seseorang yang bermanfaat bagi diri dan lingkungan

Related Posts

Posting Komentar