sarasHijra

Google Search Console, Cara Oke Identifikasi Performa Blogmu

Posting Komentar
Bismillahirrahmanirrahim

Selain Google Analytics ada lagi tools yang bisa bantu untuk melihat kualitas blog kita. Yuk, sama-sama kita cermati tools satu ini yaitu Google Search Console.

Google Search Console

Pengertian

Google Search Console adalah SEO tools yang disediakan secara gratis oleh google untuk membantu pemilik website mengidentifikasi performa website mereka di ranah organik.

Google Search Console (GSC) memungkinkan kita bisa ngerti domain yang berikan link ke website kita (referring domain), kinerja website di perangkat mobile, hingga analisis website dengan trafik tertinggi.

google-search-console


Manfaat

Dari panduan lengkap Google Search Console niagahoster, manfaat yang bisa kita peroleh :

1. Temukan Keyword Populer untuk Bisnis Kita

Pengunjung menemukan website kita bisa lewat bermacam-macam kata kunci. Nah GSC bisa bantu kita untuk temukan kata kunci yang banyak digunakan orang untuk menemukan website kita.

Dengan begitu, sobat hijrah bisa tahu kata kunci mana yang paling efektif dan kurang efektif untuk SEO website kita.

2. Identifikasi Halaman Paling Populer

Setiap website memiliki halaman yang lebih popular dari halaman lainnya di hasil pencarian. GSC bisa lo bantu kita cari tau halaman website mana yang paling banyak datangkan pengunjung

3. Mengetahui Dari Mana Datangnya Pengunjung

GSC juga memungkinkan kita untuk tahu dari mana datangnya pengunjung web. Layanan ini akan bantu kita pahami demografi prospek pelanggan sehingga kita bisa tau jangkauan target audiens yang tepat.

4. Identifikasi Perangkat Apa yang Digunakan Pengunjung

Selain dapat info lokasi, GSC menampilkan data perangkat yang paling banyak digunakan pengunjung, entah desktop atau mobile.

5. Periksa Kompatibilitas di Perangkat Mobile

Kita bisa dengan mudah mengecek apakah website sudah diakses di perangkat mobile dengan membukanya di smartphone kita sendiri.

6. Cari Tahu Backlink ke Website

Backlink adalah salah satu indicator penting dalam menentukan rangking website di hasil pencarian. Fitur tersebut akan membantu sobat hijrah mengidentifikasi website yang menyumbang backlink ke website kita. GSC juga menyediakan informasi halaman mana yang paling banyak mendapatkan backlink beserta anchor text apa yang paling sering digunakan.

7. Periksa Broken Link

Selain identifikasi backlink, kita juga bisa memeriksa broken link atau link yang rusak di website kita melalui GSC. Inspeksi broken link penting dilakukan agar kita bisa memperbaiki kualitas pengalaman pengunjung di website kita. Jadi kita bisa langsung memperbaiki tautan yang rusak sehingga pengunjung tidak akan diarahkan ke halaman yang salah atau tidak ada.

8. Identifikasi Masalah Keamanan Website

Semua orang ingin aman kan ya dari serangan hack, pencurian data, atau masalah keamanan lainnya. GSC dapat membantu mendeteksi masalah keamanan yang terjadi di website kita.

9. Submit Sitemap

Sitemap berfungksi membantu Googel melakukan crawl di website kita sehingga bisa mengidentifikasi website dengan cepat.

Cara Memasang Google Search Console

1. Menentukan Negara Target

Jika website mentargetkan pengunjung di Negara tertentu maka kita bisa intruksikan Google untuk mentargetkan Negara yang dipillih.

Caranya adalah dengan membuka GCS versi lama dan pilih menu Search Traffic dan klik sub menu international targeting.

Lalu pilih tab “country” dan pilih Negara yang ingin ditargetkan. Menetapkan satu Negara target akan membantu Google untuk memahami target utama audiens kita.

2. Menambahkan XML Sitemap

Menambahkan XML Sitemap ke website membantu mesin pencari untuk melakukan crawling di website kita.

Setelah membuat XML Sitemap melalui Google XML, kita akan mendapat link seperti ini :

http://example.com/sitemap_index.xml

3. Selanjutnya adalah mendaftarkan XML sitemap tersebut ke GSC.

Buka dashboard GSC lalu klik menu sitemaps dan paste bagian terakhir dari link di atas, yaitu sitemap_index.xml. Kemudian klik tombol submit untuk menyimpan perubahan yang kita lakukan.

4. Hubungkan Google Search Console dan Google Analytics

Kenapa sih harus dihubungkan?

Menghubungkan GSC dan Google Analytics (GA) akan membantu kita untuk menganalisa data dar GSC di Google Analyics. Jadi kita bisa dapat perspektif baru mengenai konten dan kata kunci apa yang paling menghasilkan.

Setelah memasang GA dan GSC langkah selanjutnya adalah menghubungkan keduanya. Buka dashboard GA kemudian klik menu Admin di pojok kiri bawah.

GA akan menampilkan pengaturan untuk admin. Di pengaturan ini pilih menu “Property Setting” lalu klik tombol “Adjust Search Console”. Kemudian GA akan membawa kita ke GSC dan menampilkan daftar semua website yang sudah ditambahkn ke GSC. Pilih website yang ingin dihubungkan dengan GA lalu klik “save”.

Setelah berhasil terhubung maka kita bisa melihat menu GSC di GA melalui menu Acquisition.

Pengalaman Memasang Google Search Console

Saat memasang GSC tentu aja emak membutuhkan bantuan coach Marita.
Ini contoh milik emak saras saat sudah bisa terbaca data keyword popular dari beberapa tulisan di blog emak :

Karena Google Search Console itu berhubungan dengan kata kunci yang ada di  google dan mengarah ke artikel kita maka kata kunci atau keyword yang diketik orang di Google yang mengarah ke blog emak Saras baru kata kunci "Gedung Pusat UGM". 

Nah, jika kita ingin membuat artikel lagi maka kata kunci "Gedung Pusat UGM" bisa dimasukkan ke dalam judul ya. Dengan begitu hampir dipastikan banyak pengunjung mencari informasi tersebut.


cara-temukan-keyword

Bila sobat hijrah pengen explore lebih banyak tentang Google Console pastinya akan lebih banyak informasi untuk menambah performa blogmu ya.
Saras Hijrah
Seorang ibu pembelajar yang sadar akan kekurangan dirinya dan terus menempa diri menjadi seseorang yang bermanfaat bagi diri dan lingkungan

Related Posts

Posting Komentar