sarasHijra

Manfaatkan Google News Agar Artikel Kita Terindeks oleh Google

Posting Komentar
Bismillahirrahmanirrahim

Pernah nyadari kah sobat hijrah pembaca setia blog emak saras ini bahwa gak setiap artikel akan “terbaca” langsung oleh Google? Sayang kan tulisan kita bagus dan bermanfaat tapi belum bisa diakses ke banyak pembaca karena gak tampil di list-nya Google.

Makanya yuk kita manfaatkan Google News agar artikel kita terindeks oleh google. Nah gimana caranya?

Apa Itu Google News

Dari  niagahoster Google News adalah layanan Google yang fokus pada penyediaan berita yang berasal dari berbagai website di seluruh dunia termasuk di Indonesia.

Tampilannya menarik membuat pengunjung mudah mengakses beragam berita baik diakses dari personal comperter atau dari handphone.

Enaknya, pengguna tak harus login untuk nikmati layanan ini. Tapi jika kita gunakan akun google saat akses, maka kita akan disuguhi personalixed conten. Artinya berita-berita yang muncul akan sesuai dengan apa yang biasa kita akses.

Bagi pemilik blog, daftar Google News Publisher dan dapat tempat di sana akan dapat keuntungan bisa menjadi berita utama jika layak untuk dipublikasikan dan menarik.

Cara Daftar Blog ke Google News

  1. Masuk dengan Akun Google
  2. Verifikasi Kepemilikan Website
Karena Google News punya mesin crawler sendiri maka pastikan kita menambahkan xml sitemap blog berita kita juga. Agar Google News selalu update pada perubahan yang terjadi di blog kita.

    3. Masuk ke Google News Publisher Center

    4. Tambahkan Blog Kita

        Maka kita diminta mendaftarkan blog berikut url-nya

    5. Mengisikan Info tentang Blog
        Yaitu :
  • General Information : detil info tentang blog berita yang didaftarkan
  • Site Information : terdiri dari :
  1. Source Url : alamat blog berita
  2. Source Name : nama blog
  3. Site Language : Bahasa yang digunakan di blog dalam satu bahasa saja
  4. City, State/ Province dan Region : alamat lengkap kita
  5. Select All Categories that Apply to the Content of Your Site
    6. Centang Blog ya

    7. News Section Information
  • Url : nama domain atau beberapa sub domain yang akan ditambahkan
  • Labels : jenis berita yang akan ditampilkan
    8. Selesai

        Setelah data terisi dengan benar, klik submit. Lalu Kita menunggu Review Google

        Selama syarat berhasil terpenuhi, tahapan daftar Goggle News akan berjalan baik   dengan menunggu revies satu hingga tiga minggu.

Namun, url yang emak saras daftarkan hingga tulisan ini dibuat juga belum muncul nama artikel yang sudah diindeks Google. Jadi mesti sabar menunggu yaaa :P



Keuntungan Mendaftar Google News

Berbagai manfaat bagi pemilik blog :
  1. Lebih mudah masuk ke halaman pertama mesin pencari. Hal ini karena Google News Publisher melihat konten berita kita unik dan berkualitas
  2. Bertambahnya jumlah pengunjung. Hal ini dapat terjadi karena pengguna yang berkunjung di blog kita merasa senang bahwa tema yang relevan sesuai dengan apa yang mereka butuhkan.
  3. Sebagai Media Branding yang Efektif. Jika blog kita menawarkan konten yang bagus maka pengunjung bakal sering mengunjungi dan terbentuk branding tentang konten yang kita suguhkan.
  4. Berpeluang Mendapatkan Blacklink yang Banyak. Saat kita mendaftarkan artikel kita di Google maka berpeluang dikrekomendasikan oleh Google News. Jika memang rekomended maka konten kita dapat menjadi referensi terupdate tentang sebuah topic. Nah, bisa jadi sumber referensi itu blog kita.
  5. Makin banyak backlink yang didapat makan terpercaya blog kita.
  6. Tak Perlu Keluarkan Biaya untuk Iklan. Dengan cara membuat berita di Google layanan ini berpotensi mendatangkan organic traffic ke blog kita dimana pengunjung datang dari mesin pencari dan tak perlu keluar uang untuk iklankan blog kita.

Mantap ya keunggulan Google News, yuks pelajari dengan ahlinya agar terbantu memahami dan praktikan.
Saras Hijrah
Seorang ibu pembelajar yang sadar akan kekurangan dirinya dan terus menempa diri menjadi seseorang yang bermanfaat bagi diri dan lingkungan

Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar